MASA DEPAN MMM SETELAH FATWA OJK

MASA DEPAN MMM SETELAH FATWA OJK

Legalitas MMM 
STATUS hukum MMM Indonesia kini sudah jelas. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah membuat sikap resmi yang sangat bijaksana dari sisi hukum maupun kemanusiaan.
OJK menyimpulkan bahwa MMM bukan Lembaga Jasa Keuangan. MMM adalah sebuah komunitas sistem keuangan. Dan karena MMM bukan lembaga jasa keuangan, maka OJK tidak punya otoritas terhadap MMM.

Dengan kata lain, MMM sama sekali tidak membutuhkan ijin dari OJK. Justru salah besar kalau MMM sampai mendapatkan ijin dari OJK. Sebab kewenangan OJK adalah mengawasi industri keuangan di sektor perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank.Sementara MMM bukan sebuah industri. MMM adalah sebuah komunitas yang memiliki semangat tinggi untuk berbagi uang bebas demi kesejahteraan bersama.
Dengan demikian, OJK tidak punya delik hukum untuk menutup MMM. OJK juga tidak punya otoritas untuk mengatur atau mengintervensi komunitas MMM.Yang bisa dilakukan oleh OJK tidak lebih hanya memberi sebuah saran dan nasehat agar masyarakat memahami MMM secara lebih mendalam sebelum memutuskan bergabung dengan MMM.
Jadi ada dua hal penting dari sikap hukum OJK terkait komunitas MMM. Pertama, tentang status hukum MMM Indonesia. Kedua, tentang nasehat OJK agar masyarakat memahami sistem kerja, manfaat dan resiko mengikuti MMM.

Status Hukum MMM

Orang yang kontra terhadap MMM memang punya celah untuk memelintir fatwa OJK tentang MMM. Sebab secara bahasa, fatwa OJK memang menimbulkan dualisme makna.
Dualisme makna itu terdapat di kalimat: program MMM Indonesia “tidak mendapatkan izin usaha” dari otoritas jasa keuangan.
Dengan mudah orang bisa menganggap point ketiga siaran pers OJK itu untuk menjustifikasi MMM adalah ilegal. Letak keilegalannya yaitu karena MMM tidak mendapatkan izin usaha dari OJK.
Hal itu bisa dilihat dari judul salah satu berita yang diterbitkan oleh Kompas.com. Wartawan Kompas.com menyebut MMM adalah ilegal.

Tak jelas apa yang menjadi sebab wartawan Kompas.com menulis berita dengan judul seperti itu. Bisa jadi karena mereka tidak mengerti bahasa hukum. Tapi bisa jadi karena mereka memang sengaja mendeskriditkan MMM demi keuntungan pribadi atau kepentingan orang lain.
Padahal konten berita Kompas.com sama dengan siaran pers OJK. Dan tidak ada satu pun kata dalam siaran pers OJK mamupun berita Kompas.com yang menyebut MMM ilegal.
Nah, jika judul merupakan representasi dari isi berita, maka judul Kompas.com tersebut ngawur. Sebab judul berita dan isi berita tidak nyambung.
Apakah wartawan Kompas.com tidak pernah diajari oleh redaksi bahasa mereka bahwa “tidak mendapat izin” dengan “ilegal” adalah dua hal berbeda?
Terlebih kalimat dalam siaran pers OJK masih bersambung. Yakni alasan MMM tidak mendapatkan izin OJK karena OJK tidak mengatur dan mengawasi keberadaan program MMM Indonesia.
Seharusnya wartawan Kompas.com sedikit cerdas untuk memahami mengapa OJK tidak mengatur dan mengawasi MMM. Yaitu, karena OJK sadar bahwa MMM adalah komunitas sistem keuangan. MMM bukan lembaga jasa keuangan, sehingga MMM bukan domain OJK.
Jika OJK memberi izin, mengatur dan mengawasi komunitas MMM maka saat itu juga OJK menyalahi kewenangannya. Dengan sendirinya, maka OJK akan menyalahi undang-undang Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.
Melarang MMM juga tidak dapat dilakukan oleh OJK. Sekali lagi karena OJK tahu batasan mereka. OJK tahu persis bahwa mengijinkan atau melarang sesuatu yang berada di luar kewenangan mereka adalah pelanggaran terhadap undang-undang otoritas jasa keuangan.
Jadi status hukum MMM sekarang sudah jelas. Selama tidak ada undang-undang atau lembaga negara yang melarang MMM, selama itu pula masyarakat bebas ikut MMM.Tapi satu nasehat OJK yang harus kita ingat, yaitu kita harus tahu sistem kerja, manfaat dan resiko menjadi keluarga besar komunitas MMM.

Memahami Komunitas MMM

Setelah status hukum MMM clear, tugas selanjutnya adalah mengenal komunitas MMM secara lebih mendalam.
Ini penting bukan hanya karena ini juga yang dinasehatkan oleh OJK kepada masyarakat. Tapi ini harus diketahui masyarakat umum maupun anggota MMM agar tidak menyesal kemudian hari. Jangan sampai saat menguntungkan kita memuja-muja MMM, namun ketika terjadi masalah kita akan menyalahkan MMM, menyalahkan orang yang mengenalkan MMM, atau menyalahkan pemerintah.
Menjawab harapan OJK itulah maka dibutuhkan sebuah pembelajaran yang intens mengenai semua hal tentang MMM. Dengan pemahaman yang memadai, maka masyarakat akan mengikuti MMM atau menolak MMM dengan sebuah argumentasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Dan itu sudah dilakukan oleh beberapa anggota MMM. Dengan mengadakan konferensi secara rutin di kota-kota besar Indonesia, sangat bermanfaat untuk memperkenalkan MMM secara lebih luas. Adanya group-group facebook atau website tutorial cukup membantu memberikan pemaham MMM yang dibutuhkan masyarakat.

Ebook ini mengenalkan MMM secara lengkap, detail, sistematis, dan mudah dipahami. Anda akan belajar tentang sejarah uang, sejarah lahirnya bank, proses pembuatan uang kertas, juga bagaimana bank dapat menciptakan uang dalam jumlah besar dengan udara kosong.
Tema paling penting adalah bagaimana perbedaan sistem bisnis dan sistem keuangan dalam menciptakan keuantungan. Dengan memahami tema tersebut, maka anda akan memahami bagaimana logika MMM yang dapat memberikan keuntungan 30% perbulan walaupun tanpa memiliki produk untuk dijual.
Anda hanya bisa tersenyum saat ada orang lain mengkritik MMM. Anda tidak akan tersinggung saat mereka menyebut MMM tidak masuk akal, moneygame, ponzi, arisan berantai dan lain sebagainya.
Itu terjadi karena anda telah paham hakikat MMM yang memiliki tujuan sangat mulia. Itu juga karena anda sudah tahu bagaimana pendapatan dari MMM sangat masuk akal.
Jadi, ketimbang marah, lebih baik kita berdoa agar mereka yang mencaci MMM secepatnya ikut bergabung bersama kita.
Akhirnya saya akan menutup artikel ini dengan memberi kebebasan kepada anda untuk menentukan sikap. Silahkan kalau anda ingin tetap melanjutkan kehidupan anda dengan pekerjaan dan rutinitas biasa tanpa peduli pada MMM.
Namun jika anda bergabung dengan komunitas MMM yang sangat mulia dan luar biasa, kami akan menerima kedatangan anda dengan sebuah pelukan hangat.
Tidak peduli apakah anda bergabung dengan MMM melalui www.softwareterbaru.tk atau dari orang lain, semua anggota komunitas MMM adalah saudara seperjuangan.
Saya hanya ingin menyampaikan bahwa terlepas apakah anda suka atau tidak suka kepada MMM, yang pasti keberadaan MMM tidak dilarang oleh pemerintah. Dan MMM tidak ilegal atau melanggar undang-undang!
Maka dengan mengucap bismilah…, saya yakin MMM akan semakin eksis. Jutaan orang akan bergabung, sementara semua anggota lama tetap bertahan dengan penuh semangat.
Karena di MMM ada yang jauh lebih penting ketimbang uang. Yaitu perjuangan melawan perbudakan para bankir yang menjerat leher umat manusia…